Pentingnya Dekorasi dalam Sebuah Acara | My Party

Wednesday, January 4, 2017

Pentingnya Dekorasi dalam Sebuah Acara

Dekorasi dalam suatu acara memang sangat diperlukan, karena bagaimanapun juga, dekorasi merupakan suatu elemen visual yang dapat memberikan suatu keindahan dalam acara tersebut. Selain itu, dengan adanya dekorasi dalam suatu acara, maka para peserta atau orang-orang yang hadir dalam acara tersebut akan ikut terjiwai dengan suasana dekorasi yang diterapkan. Baik itu dalam acara formal seperti acara rapat, acara seminar, dan lain sebagainya maupun acara non-formal (acara santai) seperti acara ulang tahun anak, ulang tahun remaja, ulang tahun orang tua, ulang tahun perusahaan ataupun ulang tahun pernikahan dan lain sebagainya. Dekorasi itu sendiri memiliki visualisasi yang beragam, mulai dari dekorasi untuk acara seminar yang minimalis, dekorasi ulang tahun sederhana, hingga dekorasi ulang tahun yang mewah.


Fungsi dan Tujuan Dekorasi

Dekorasi merupakan hiasan yang menjadi latarbelakang suatu acara dan berfungsi untuk menghidupkan suasana acara tersebut, sehingga keindahan dari dekorasi yang disajikan dapat dinikmati oleh seluruh peserta yang hadir dalam suatu acara tersebut. Sebagai contoh dekorasi ulang tahun anak sederhana, maka harus digunakan dekorasi sesederhana mungkin disesuaikan dengan tema yang disukai anak tersebut. Sehingga dengan demikian, suasana pesta ulang tahun pun dapat dijiwai oleh anak-anak. Dalam menentukan dekorasi pun, kita harus benar-benar pandai memilih dan menyesuaikan dengan tema yang tepat untuk acara tersebut. Karena jika tidak, maka harapan yang ingin dicapai dalam fungsi dekorasi ini pun tidak akan tercapai.

Perlengkapan untuk Dekorasi

Dekorasi yang menjadi salah satu penunjang dalam suatu acara, baik itu acar resmi maupun acara santai seperti acara ulang tahun pun memiliki karakteristik yang berbeda-beda juga. Hal tersebut biasanya disesuaikan dengan tema atau konsep yang telah dintentukan sebelumnya. Dengan demikian, maka akan terlihat kesesuaian antara tema dekorasi atau konsep dekorasi dengan tema yang diangkat dalam acara tersebut. Sehingga akhirnya akan membuahkan hasil akhir acara tersebut yang memuaskan. Perlengkapan untuk dekorasi pun bisa menggunakan berbagai macam bahan atau media, yaitu diantaranya sebagai berikut:
  1. Backdrop. Backdrop merupakan salah satu perlengkapan dekorasi yang biasanya ditempatkan di belakang panggung, atau di belakang pembicara kalau dalam acara seminar atau rapat dan lain-lain. Backdrop ini pun bisa terbuat dari bahan kain atau bahan flexi, baik itu dengan menggunakan gambar atau tulisan-tulisan maupun hanya dibiarkan polos tanpa adan tulisan atau gambar apapun.
  2. Bunga. Bunga juga menjadi salah satu perlengkapan yang diperlukan dalam membuat sebuah dekorasi. Dekorasi bunga itu sendiri bisa menggunakan bunga-bunga yang sebenarnya atau bunga yang asli maupun bunga-bunga tiruan yang biasa terbuat dari kertas warna-warni ataupun bunga yang terbuat dari pita.
  3. Balon. Balon juga bisa digunakan sebagai salah satu perlengkapan untuk keperluan membuat dekorasi. Hanya saja, biasanya dekorasi balon ini hanya digunakan untuk keperluan dekorasi pada acara-acara santai, seperti untuk keperluan dekorasi ulang tahun. Meskipun demikian, tidak sedikit dekorasi balon ini digunakan untuk keperluan dekorasi acara formal.
  4. Pita. Penggunaan pita sebagai perlengkapan untuk dekorasi pun memang cukup banyak digunakan dan sangat membantu dalam mempercantik dekorasi suatu acara tersebut. Selain memiliki warna-warni yang cantik dan menarik, dekorasi pita ini lebih flexsibel, karena bisa digunakan dalam berbagai acara, baik itu dekorasi acara formal seperti seminar, sebagai pelengkap dekorasi pernikahan ataupun untuk dekorasi ulang tahun.
  5. Styrofoam. Dekorasi dengan menggunakan styrofoam pun sekarang sudah banyak digunakan, yakni dengan menjadikannya sebuah hiasan tiga dimensi yang di bentuk sedemikian rupa disesuaikan dengan tema yang diangkat dalam acara tersebut. Dekorasi styrofoam ini juga fleksibel dan bisa digunakan untuk dekorasi berbagai acara.
Selain untuk menghidupkan jalannya suatu acara, dekorasi pun berfungsi untuk menghidupkan suasana acara tersebut. Oleh karena itu harus diperhatikan juga unsur komposisi dalam membuat sebuah dekorasi, yaitu pengaturan benda-benda mati atau perlengkapan dekorasi supaya bisa menyatu dengan para peserta yang hadir dalam acara tersebut sehingga akan menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh yang. Dalam menentukan unsur komposisi dekorasi pun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya faktor kewajaran, dimana dekorasi harus menyesuaikan dengan ide konsep acara yang telah dibuat. Kemudian faktor keserasian, yaitu memperhitungkan dekorasi yang akan diterapkan dengan keadaan ruangan atau lokasi yang akan digunakan untuk acara tersebut. Serta faktor identitas, dimana nantinya akan menuntun para peserta yang hadir dalam acara tersebut dapat menebak apa ide dekorasi dari dekorasi yang diterapkan dalam acara tersebut.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Untuk berdiskusi, komentar, pertanyaan, saran atau menambahkan. Silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan. Terlepas dari itu, pergunakanlah bahasa yang baik, sopan dan bijak serta tidak mengandung unsur SARA atau ujaran kebencian. Terima Kasih.

Perlu Artikel Lain? Silahkan Cari Lagi di sini:

Artikel Populer