7 Tips Memeriahkan Pesta Ulang Tahun Anak | My Party

Friday, December 16, 2016

7 Tips Memeriahkan Pesta Ulang Tahun Anak

Tips memeriahkan pesta ulang tahun anak biasanya selalu diusahakan para orang tua yang akan mengadakan perhelatan ulang tahun anak mereka. Namun tidak semua orang tua berhasil membuat pesta ulang tahun yang meriah. Jangankan meriah, acara yang berlangsung pun justru membuat bosan anak-anak yang hadir. Hal ini tentu bukan karena salah anak, namun salah anda sebagai penyelenggara acara. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda jadikan pedoman sebelum mengadakan pesta ulang tahun.


1. Menggunakan Tema yang Menarik

Pesta ulang tahun anak anda akan semakin meriah jika menerapkan tema khusus. Penentuan tema ini sebaiknya disesuaikan dengan kesenangan atau kegemaran buah hati anda. Sebagai contoh dekorasi ulang tahun yang bisa digunakan yaitu diantaranya pesta dengan tema super hero, princess, sirkus, barbie atau yang lainnya. Agar bertambah semarak, sediakan hadiah untuk tamu yang mengenakan pakaian paling menarik dan sesuai tema. Pesta dengan tema khusus ini bisa anda siapkan sendiri atau menggunakan jasa event organizer. Semua tergantung pada budget atau biaya yang sesuai dengan keadaan keuangan anda.

2. Menggunakan Dekorasi yang Menarik

Dekorasi merupakan salah satu hal yang membuat acara ulang tahun menjadi semakin meriah. Jika merayakan ulang tahun di rumah, anda bisa membuat dekorasi ulang tahun anak di rumah yang sederhana ataupun mewah sesuai tema yang sudah ditentukan atau sesuai keingingan anak. Akan lebih menarik jika dekorasi ulang tahun anak di rumah ini dilengkapi dengan berbagai bentuk balon yang menghiasi ruangan. Beberapa kertas warna-warni juga bisa anda buat untuk menghias ruangan sebagai pelengkap dari balon.

Baca Juga : Dekorasi Ulang Tahun Anak yang Menarik,
                    Dekorasi Ulang Tahun Anak Sederhana

3. Menggunakan MC yang Komunikatif

Salah satu kunci suksesnya sebuah acara adalah MC atau pembawa acaranya. Begitu juga pada acara ulang tahun. Jika anda mempunyai kemampuan untuk menjadi MC pada ulang tahun anak anda tersebut, gunakan keahlian anda tersebut supaya bisa menambah suasana ulang tahun yang meriah. Selain lebih hemat, anda juga akan lebih mengenal karakter anak anda maupun teman-temannya. Namun jika anda tidak mempunyai keahlian sebagai MC, ada baiknya untuk menyewa jasa MC. MC inilah yang akan membuat suasana menjadi meriah. Pilihlah MC atau pembawa acara yang komunikatif dengan anak-anak, sehingga anak-anak bisa ikut terlibat aktif dalam acara ulang tahun tersebut.

4. Menggunakan Games Interaktif dan Menarik

Dengan dihadirkannya berbagai permainan, maka akan membuat acara pesta ulang tahun menjadi semakin meriah. Pemilihan games yang dimainkan pun harus selektif. Sebab tidak semua games atau permainan bisa dimainkan, harus disesuaikan dengan usia anak yang berulang tahun. Dalam melakukan game atau permainan ini, kita harus menghindari game atau permainan yang berbahaya atau yang dapat memberikan pendidikan yang tidak baik. Beberapa game atau permainan yang bisa digunakan dalam acara ulang tahun yaitu diantaranya menyanyi, bermain dengan balon, bergaya di depan teman yang lain, dan sebagainya.

5. Menggunakan Badut

Badut memang sangat lucu bagi anak. Dengan menghadirkan badut di acara ulang tahun, membuat anak-anak semakin senang dan ikut tenggelam dalam suasana acara ulang tahun tersebut. Pemilihan jenis badut ini pun harus selektif. Anda harus menyesuaikan dengan selera buah hati. Jangan sampai badut yang anda hadirkan justru membuat anak-anak menjadi takut. Selain badut, anda juga bisa menghadirkan orang yang bisa bercerita atau mendongen atau pun pesulap. Selain akan membuat acara semakin menarik, anak juga bisa mengambil hikmah dari dongeng yang diberikan.

6. Menyediakan Hadiah dan Makanan Sehat yang Menarik

Hal yang penting untuk anda sediakan yaitu hadiah dan makanan. Hadiah tersebut dibagikan kepada anak yang menang dalam game atau permainan atau yang mempunyai keunikan tersendiri, dalam hal ini misalkan dalam penggunaan Kostum. Pilihlah hadiah atau souvenir yang bermanfaat dan berguna bagi anak. Selain itu, sediakan juga makanan yang enak untuk anak. Namun begitu, jangan lupa untuk selalu mengutamakan kesehatan. Sebisa mungkin menghindari makanan yang banyak mengandung MSG. Makanan seperti spageti, burger, kentang goreng dan ayam goreng bisa menjadi menu makanan ulang tahun yang menyehatkan bagi anak. Minuman seperti susu juga bisa anda sediakan untuk anak-anak sebagai pelengkap.

7. Menentukan Waktu yang Tepat 

Dari semua tips di atas, ada satu lagi yang juga dapat menentukan kemeriahan sebuah pesta ulang tahun, yaitu menentukan waktu yang tepat untuk merayakan ulang tahun. Meskipun tanggal ulang tahun anak jatuh pada hari selain hari libur, biasanya pada hari Sabtu dan Minggu. Diupayakan supaya anda untuk melaksanakannya pada hari libur tersebut. Hal ini dilakukan agar semua tamu bisa hadir. Selain itu, selenggarakanlah pesta ulang tahun pada waktu yang tepat, yaitu antara pukul 10.00 pagi atau pukul 16.00, yaitu saat anak pada posisi santai. Begitu juga waktu pelaksanaan yang jangan terlalu lama, cukup 2 sampai 3 jam saja, agar anak-anak tidak merasa bosan dan capek. Pemilihan waktu juga termasuk salah satu tips memeriahkan pesta ulang tahun anak.

Baca Juga : Tempat yang Tepat Agar Ulang Tahun Anak Meriah dan Berkesan
                    Agar Ulang Tahun Anak Meriah

Demikianlah beberapa tips yang bisa disampaikan, yang dapat dijadikan bahan reperensi bagi anda para orang tua, khususnya para ibu yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk dapat membantu dalam memeriahkan pesta ulang tahun anak anda. Semoga.!***

logoblog

No comments:

Post a Comment

Untuk berdiskusi, komentar, pertanyaan, saran atau menambahkan. Silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan. Terlepas dari itu, pergunakanlah bahasa yang baik, sopan dan bijak serta tidak mengandung unsur SARA atau ujaran kebencian. Terima Kasih.

Perlu Artikel Lain? Silahkan Cari Lagi di sini:

Artikel Populer