Tips Membuat Acara Ulang Tahun Anak | My Party

Tuesday, December 27, 2016

Tips Membuat Acara Ulang Tahun Anak

Salah satu kebahagiaan bagi setiap orang tua jika bisa membuat anaknya bahagia. Salah satu cara membahagiakan anak adalah dengan membuat perayaan ulang tahun, terutama bagi anak yang masih kecil. Agar berkesan, merayakan ulang tahun anak tidak harus di tempat yang mewah atau menyewa tempat yang memerlukan biaya banyak. Sebelum anda membuat sebuah perayaan ulang tahun anak, sebaiknya terlebih dahulu anda menentukan tempat yang tepat untuk mengadakan pesta ulang tahun anak tersebut.


Jika anda memiliki ruangan atau halaman yang mencukupi untuk merayakan perayaan pesta ulang tahun, melaksanakan ulang tahun di rumah adalah langkah yang tepat dan hemat biaya. Ulang tahun anak yang diadakan di rumah juga bisa dibuat menjadi meriah, asalkan menggunakan konsep yang tepat untuk acara ulang tahun anak di rumah. Perayaan ulang tahun yang diadakan di rumah bisa dibuat meriah dan tidak akan kalah dengan perayaan ulang tahun yang diadakan di tempat-tempat lain seperti di hotel atau di restoran.

Membuat Konsep Acara yang Menarik

Pesta ulang tahun anak, susunan acara ulang tahun sebisa mungkin dibuat menarik dan berkesan. Membuat pesta ulang tahun yang sederhana tidak lantas berarti pesta tersebut tidak menarik. Anda bisa menyiapkan beberapa hal yang dapat mendukung acara sehingga menjadi meriah.

1. Carilah MC atau pembawa acara yang komunikatif dan menyukai anak-anak.

Siapa saja bisa menjadi seorang MC dalam acara ulang tahun anak, asal memenuhi syarat di atas. Jika anda merasa mampu, maka tidak ada salahnya jika anda sendiri yang bertindak menjadi seorang MC atau pemandu acara ulang tahun anak tersebut. Atau jika ada orang lain, pastikan bahwa orang tersebut mampu membuat suasana pesta ulang tahun menjadi meriah dan berkesan. Sesuaikan acara dengan durasi yang diinginkan. Pesta ulang tahun selama dua jam, rasanya sudah lebih dari cukup. Mengenai konsep acara, bisa seluruhnya diserahkan kepada MC atau anda juga bisa turut andil dalam mentukan ide acara ulang tahun di rumah tersebut. Seorang MC sebaiknya juga bisa melucu di hadapan anak-anak. Jika tidak, ada jasa badut yang bisa dimanfaatkan.

2. Perlengkapan

Agar suasana acara ulang tahun lebih meriah dengan maksimal, sediakanlah seperangkat alat elektronik lengkap dengan sound systemnya. Selain mikrofon dan sound system, anda bisa memanfaatkan televisi dan DVD player. Sebagai penambah kemeriahan, putarlah musik MP3 atau klip yang berhubungan dengan anak-anak.

3. Siapkan Paket Bingkisan

Selain menyiapkan kue tart atau tumpeng serta makanan dan minuman untuk tamu, anda juga harus menyiapkan bingkisan untuk dibawa pulang. Sebagai tempat bingkisan, anda bisa memilih tas yang kini banyak pilihannya. Anda bisa mendapatkan tas dari toko - toko souvenir di daerah anda atau tempat lain yang anda inginkan atau yang menurut anda mudah untuk mendapatkannya. Isi bingkisan bisa disesuaikan dengan budget yang anda miliki. Harganya tidak perlu mahal. Bingkisan ini bisa berupa makanan, alat tulis dan sebagainya. Pastikan juga bingkisan yang anda buat jumlahnya sesuai dengan jumlah tamu yang diundang.

4. Dekorasi Ruangan

Hal standar yang dibutuhkan dalam dekorasi pesta ulang tahun anak adalah pita, balon dan topeng. Ketiga hal tersebut dengan coraknya yang warna warni sudah bisa membuat suasana ruangan pesta ulang tahun menjadi meriah. Dekorasi ruangan juga bisa disesuaikan dengan konsep acara jika pesta tersebut memiliki konsep atau tema ulang tahun tertentu.

Susunan Acara Pesta Ulang Tahun Anak

Untuk membuat susunan acara ulang tahun, sebaiknya anda menentukan durasi atau lamanya waktu pesta ulang tahun anak yang akan diselenggarakan. Misalnya anda akan membuat pesta ulang tahun anak pada hari Minggu selama dua jam. Jika acara dimulai jam sepuluh, sebaiknya anda menulis di kartu undangan setengah jam sebelumnya atau kira-kira jam setengah sepuluh. Hal ini untuk mengantisipasi tamu yang terlambat sekaligus mengkondisikan suasana.

Berikut ini contoh susunan acara ulang tahun anak yang bisa dijadikan bahan pertimbangan:
09.30 : Putarlah lagu anak-anak sebagai penyambut tamu undangan. Selain itu, pemutaran musik merupakan pembangun agar suasana lebih meriah.
10.00 : MC melakukan pembukaan acara.
10.10 : MC memandu games interaktif sebagai ice breaking.
10.30 : Menyanyikan lagu anak-anak.
10.40 : MC memandu games interaktif dan bernyanyi.
10.45 : MC mengisyaratkan untuk menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun". Ketika semuanya bernyanyi, yang punya rumah membawakan Kue Ulang Tahun atau Tumpeng ulang tahun yang disembunyikan sebelumnya.
10.50 : Acara meniup lilin, dan memotong kue.
11.00 : Acara bebas bisa diisi dengan bermain, makan makan atau bagi yang berkepentingan pulang dipersilahkan. Untuk bingkisan tamu, bisa dibagikan ketika para tamu hendak berpamitan pulang.

Demikian beberapa tips membuat acara ulang tahun anak yang dilaksanakan di rumah agar bisa meriah dan mengesankan. Semoga bermanfaat.***
logoblog

No comments:

Post a Comment

Untuk berdiskusi, komentar, pertanyaan, saran atau menambahkan. Silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan. Terlepas dari itu, pergunakanlah bahasa yang baik, sopan dan bijak serta tidak mengandung unsur SARA atau ujaran kebencian. Terima Kasih.

Perlu Artikel Lain? Silahkan Cari Lagi di sini:

Artikel Populer